Jumat, 19 Oktober 2012

Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java

Sebelumnya  apakah kalian tahu, apa pemrograman komputer itu?

Okay freind. Pemrograman, kata ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita karena sudah sering kita dengar dan kita baca dari berbagai macam sumber. Tampaknya pemrograman kini tengah terkenal dan ada di mana-mana.  Dalam dunia komputer,program berarti “kumpulan perintah yang ditujukan kepada komputer agar komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki  oleh pembuat perintah “. Bila computer berkedudukan sebagai perangkat keras (hardware), maka program berkedudukan sebagai perangkat lunak (software).

Perkembangan dunia komputer tidak lepas dari bidang pemrograman komputer. Dengan pemrograman komputer, berbagai macam program untuk berbagai fungsi dan kegunaan dapat dibuat. Berkat program komputer inilah, aktivitas untuk membuat dokumen, menggambar, menghitung, dan sebagainya dapat dilakukan melalui sebuah komputer. 


Apapun jenis kegiatan yang kita lakukan ketika menggunakan komputer,diperlukan adanya sebuah program komputer (coputer program) untuk melakukan kegiatan tersebut. Microsoft Office, Open Office, Internet Explorer, Yahoo! Massenger, Facebook, Twitter, Winamp, Window Media Player adalah beberapa contoh program komputer. 

Dari deskripsi diatas, kita dapat merumuskan  pengertian pemrograman komputer. Pemrograman komputer atau sering di singkat Pemrograman saja, adalah "kegiatan membuat program komputer".

Pemrograman komputer (computer progremming atau sering disingkat sebagai programming atau coding) terdiri dari penulisan, uji coba, (testing), debugging/troubleshooting, dan evaluasi kode yyang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Dalam menulis kode program, programer bisa melakukan pengetikan dari nol/dari awal, atau memodifikasi kode yang sudah ada. Apa pun cara yang ditempuh, yang penting program bisa jadi dan dapat berfungsi sesuai dengan karakteristik yang diharapkan.

Agar bisa mengaktifkan kode program atau dengan kata lain bisa menjadi seorang progremer, kita perlu menguasai beberapa bidang ilmu, seperti pengetahuan tentang bahas pemrograman, ilmu algoritma pemrograman, dan kemampuan logika berpikir.

Bidang pemrograman agak unik dan beda dibandingkan dengan profesi teknik lainnya. Karen seorang progremer tidak dituntut adanya memiliki sertifikat atau ijazah resmi agar bisa dianggap sebagai progremer atau seorang yang ahli dalam bidang rekayasa perangkat lunak (software).          


Dan perlu kalian ketahui juga bahwa komputer itu (ternyata) bodoh!

Kebanyakan orang mengira bahwa komputer itu adalah makhluk (benda) yang canggih nan cerdas alias superpintar. Karena komputer IMB Deep Blue berhasil mengalahkan pecatur terkenal dan paling hebat di dunia Gary Kasparov, sehingga semakin banyak orang yang menyangka dan menganggap bahwa komputer makhluk yang luar basa pintar.

Sesungguhnya anggapan di atas sebenarnya salah besar. Komputer ternyata makhluk yang superbodoh yang hanya bisa berjalan karena adanya program di komputer tersebut. seandainya kita membeli komputer, lalu tidak memasang apa-apa di komputer tersebut, maka komputer menjadi barang yang mubazir.

What...??? Komputer itu bodoh! Kenapa? Karena sebagai programer, kita harus memberikan perintah hingga sangat detail apa yang harus dikerjakan oleh komputer. Programmer adalah orang yang bertugas untuk menerjemahkan suatu tugas menjadi instruksi detail yang dapat dimengerti oleh komputer. Komputer hanya melakukan apa yang diperintahkan baris demi baris, tetapi komputer tidak bisa berfikir bagaimana melakukan suatu tugas seefisien mungkin.

Untuk itu programer baru harus dilengkapi dengan cara berfikir dan peralatan yang memungkinkan mereka untuk sukses dalam menerjemahkan suatu tugas menjadi rangkaian perintah yang bisa dimengerti oleh komputer.

Komputer bisa terlihat pintar karena kehebatan orang-orang yang memrogram (Programer) yang memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu.



Jadi kesimpulannya. "Semua program komputer yang ada di dunia ini terdiri dari kode-kode. Programer adalah orang yang bekerja atau hobinya mengetikan kode-kode tersebut sehingga membuat program bisa dijalankan di komputer.

Memberi perintah pada Komputer

Apa pun yang kita lakukan di komputer sebenarnya dilakukan oleh kode-kode yang ditulis oleh programer. Contohnya adalah program permainan (game). Isi game sebenarnya adalah kode program. Jadi, ketik kita memasukkan CD-ROM game kedalam penggerak CD, sebenarnya kita memasukkan CD yang penuh dengan kode program.

Ditinjau dari kegiatannya, pemrograman tidak lebih dari penulisan instruksi langkah demi  langkah dalam bentuk kode. Programer memerintahkan komputer untuk melakukan yang seharusnya dilakukan karena sejatinya komputer tidak mengetahui apa-apa alias bodoh.

Kumpulan-kumpulan instruksi yang dipakai untuk memberitahu komputer itulah yang disebut program. Selanjutnya tulisan yang dipakai untuk menjelaskan instruksi tersebut dalam bentuk bahasa pemrograman tertentu disebut kode sumber (source code).

Mengenal bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menulis suatu program. Contoh bahasa pemrograman adalah Basic, Pascal, C, C++, Fortran, Java, dan sebagainya.
Komputer tidak mengerti bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Prancis, Spanyol, dan bahas negara atau daerah lainnya. Olah karena itu, instruksi yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer perlu dinyatakan dalam bahasa yang dipahami komputer, yaitu "Bahasa pemrograman".

Ada banyak bahasa pemrograman di dunia. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan style pemrograman (atau bisa juga disebut paradigma pemrograman) dari si programer.
Tiap bahasa pemrograman memiliki detail yang berbeda, tetapi instruksi-instruksi di dalamnya sebagian besar sama. Contoh instruksi yang ada di tiap bahasa pemrograman adalah menerima data dari keyboard, file atau peranti lainnya. Demikian juga, contoh instruksi lainnya adalah menampilkan output ke monitor, printer, dan peranti lainnya.
Jumlah bahas pemrograman di dunia ini sangat banyak, sehingga mencapai ratusan bahkan, bahkan mungkin mencapai ribuan. Untuk menyederhanakannya, Bahasa pemrograman bisa dibagi menjadi sekitar 20 katagori, digolongkan menurut menurut bahasa yang digunakan.             

Bahasa-bahas dasar antara lain: ALGOL, APL, BASIC, COBOL, Batch laguage, COMIT, DLC, Fortan, HayperTalk, JOSS, Lips, SASL, ML, PL, Prolog, Today, Ed, SETL, dan Simula.

Tiap katagore bahasa pemrograman memiliki banyak sub-bahasa. Contohnya, BASIC memiliki lebih dari 20 turunan, seperti: CacheBasic, Quickbasic, TrueBASIC, BlitzBasic, Blitz3D, BlitzPlus, BlitzMax, Visual Basic (VBScript, Visual Basic for Applications/VBA, Visual Basic.NET), RealBasic, dan sebagainya.

Sedikit tentang Algoritma


Perintah langkah demi langkah hingga detail ini disebut algoritma. (Secara teknis, algoritma adalah kumpulan langkah-langkah sederhana yang jelas, tidak membingungkan karena hanya ada satu cara untuk melakukan langkah sederhana tersebut, dilakukan selama kurun waktu tertentu. Kita tidak ingin program menghitung selamanya tanpa batas waktu.)



Program ditulis dalam bahasa pemgrograman tertentu. Tetapi algoritma ditulis secara umum atau generic, dalam bahasa manusia, sehingga bisa diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman apapun. Atau dengan kata lain, algoritma mirip seperti ide di belakang program yang akan kita tulis. Tetapi ide tersebut harus jelas, dan memuat langkah demi langkah yang sederhana.
Jadi darimana algoritma itu datang? Biasanya orang harus membuat algoritma itu. Dengan skill, latihan dan pengalaman, orang akan lebih mudah membuat suatu algoritma.

Yang harus dimiliki programer
Sebenarnya semua orang bisa menjadi programer. Untuk menjadi programer hebat tidak mutlak harus memiliki kecerdasan yang super. Kita pun bisa menjadi programer asal memiliki kemauan untuk selalu belajar dan memiliki kesabaran yang cukup serta tidak pantang menyerah.
Jika sedang belajar pemrograman tertentu, kita harus yakin bahwa kita bisa menguasainya. Jadi,jika kita sedang stress atau frustrasi karena tidak bisa menguasai sebuah pemrograman, jangan lekas putus asa. Nikmatilah proses belajar dalam pemrograman. 
Untuk belajar pemrograman, kita harus memiliki beberapa hal berikut.


  • Semangat
  • Keingintahuan
  • Pola pikir out of the box
  • Kreativitas   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar